SELAMAT DATANG DI BLOG

SELAMAT DATANG DI BLOG
"DESY KUMALA SARI"

MATERI IPS KELAS 3-6 SD

Minggu, 22 Januari 2012

MATERI IPS KELAS 6 SEMESTER 1 “BENUA-BENUA DI DUNIA”

BENUA-BENUA DI DUNIA 1. WILAYAH BENUA DI DUNIA 1. Pembagian Wilayah di dunia Daratan yang luas dinamakan benua. Benua yang satu dengan benua yang lain dipisahkan oleh perairan. Wilayah perairan yang memisahkan benua-benua di dunia disebut samudra. Di dunia ada 5 benua yaitu: benua Asia, Afrika, Amerika, Eropa dan Australia. Sedangkan untuk samudra ada 4 yaitu samudra Hindia, Pasifik, Atlantik dan Arktik. Berikut kita akan membahas satu persatu benua-benua yang ada di dunia. ASIA Letak dan Batas Wilayah Benua Asia merupakan benua terbesar di dunia terletak antara 11 LS – 80 LU dan 25 BT – 170 BT. Benua Asia memiliki batas-batas : Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik dan Selat Bering. Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik. Sebelah Selatan berbatasan dengan Samudra Hindia. Sebelah Barat berbatasan dengan Laut Merah, Laut Tengah Keadaan Iklim Benua Asia memiliki kondisi iklim berikut ini: Iklim tropis atau iklim panas terdapat di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. iklim subtropis terdapat di sebagian besar wilayah Asia Timur. Iklim dingin di wilayah Siberia. Iklim gurun di Asia Barat (Timur Tengah) dan kawasan Asia bagian Tengah (Gurun Gobi) Keadaan Penduduk Beberapa ras yang dominan di Benua Asia antara lain meliputibeikut ini. Ras Kaukasoid banyak terdapat di Asia bagian Utara seperti Rusia,Serbia, dan negara-negara pecahan Uni Soviet. Ras Mongoloid terdapat di wilayah Asia Timur dan Asia Tenggara. Ras Negroid terdapat di wilayah-wilayah seperti Papua. Ras campuran Kaukasoid Negroid terdapat di Asia Barat dan Asia Selatan AFRIKA Benua Afrika Letak dan Batas Wilayah Secara astronomis, Benua Afrika terletak antara 37 LU – 34 LS dan17 BB – 51 BT. Adapun batas-batas wilayahnya meliputi berikut ini. Sebelah Utara berbatasan denganLaut Tengah, Terusan Suez, dan LautMerah. Sebelah Timur berbatasan denganSamudra Hindia. Sebelah Selatan dan Barat berbatasandengan Samudra Atlantik Keadaan iklim Benua Afrika memiliki beberapa macam kondisi iklim. Sebagianbesar wilayah Benua Afrika beriklim tropis. Sementara wilayah Afrika bagian Utara dan Afrika bagian Selatan beriklim subtropis. Namun demikian, bentang alam Benua Afrika yang banyak gurun memengaruhi kondisi iklimnya. Oleh karena itu Benua Afrika terkenal dengan iklim panas dengan suhu tinggi dan curah hujan sedikit Keadaan Penduduk Penduduk Benua Afrika dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok besar berikut ini. Orang Negro meliputi Negro Sudan dan Negro Bantu terdiri dari 70% penduduk Afrika. Orang Hamit banyak mendiami Afrika Utara dan Timur Laut Orang ras khusus yang masih primitif seperti ras Pygmy di hutan Kongo, ras Bushmen di Gurun Kalahari, dan ras Hottentot. Orang Eropa (orang kulit putih) yang banyak menghuni negara Afrika Selatan AMERIKA Benua Amerika Letak dan Batas Wilayah Luas wilayahnya ± 42.292.000 km. Secara astronomis Benua Amerika terletak antara72 LU_59 LS dan antara 36_163 BB.Adapun batas-batas wilayahnya adalah berikut ini. Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Atlantik. Sebelah Barat dan Selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik Keadaan Iklim Berdasarkan letak astronomis dan keadaan alamnya, iklim di Benua Amerika meliputi berikut ini Iklim dingin (kutub) di Alaska dan Kanada Utara Iklim tropis meliputi Amerika Tengah dan sebagian besar AmerikaSelatan Iklim subtropis atau sedang meliputi Amerika Serikat dan AmerikaSelatan bagian Selatan. Iklim gurun terdapat di bagian Barat Amerika Keadaan Penduduk Penduduk asli Amerika yaitu orang Eskimo dan Indian. Namun demikian mayo-ritas penduduknya adalahmigran yang berasal dariEropa, sementara sisanyaadalah imigran dari Afrika dan Asia. EROPA Letak dan Batas Wilayah Secara astronomis Benua Eropaterletak di antara 35 LU – 71 LU dan di antara 9 BB – 60 BT. Adapaun batas-batas wilayahnya adalah meliputi berikut ini. Sebelah Utara berbatasan dengan Samudra Arktik. Sebelah Timur berbatasan dengan Benua Asia. Sebelah Selatan berbatasan dengan Laut Hitam dan Laut Tengah. Sebelah Barat berbatasan dengan Samudra Atlantik. Keadaan Iklim Iklim Benua Eropa dikelompokkan menjadi berikut ini. Iklim laut, terdapat di Eropa Barat Laut. Iklim kontinental, terdapat di Eropa Timur. Iklim mediteran, terdapat di Eropa bagian Selatan. Iklim tundra, terdapat di Eropa bagian Tengah. Iklim dingin (kutub), terdapat di Eropa bagian Utara) Keadaan Penduduk Secara umum penduduk Eropa berkulit putih yang termasuk Ras Kaukasoid. Beberapa suku bangsa di Benua Eropa diantaranya adalah suku bangsa Nordik yang banyak mendiami wilayah semenanjung Skandinavia,Jerman, dan Belanda; suku bangsa Alpen yang menghuni wilayah di sekitar Pegunungan Alpen. Suku bangsa Mediterania yang mendiami wilayah Eropa Selatan dan suku bangsa Slavia yang mendiami wilayah Eropa Timur AUSTRALIA Letak dan Batas Wilayah Benua Australia memilikiluas ±7.686.848 km. Secara astronomis Benua Australia terletak antara10 LS_43 LS dan antara 113 BT_155 BT Adapun secara geografis Benua Australia memiliki batas-batas berikut ini. Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik dan Selandia Baru. Sebelah Selatan dan Barat berbatasan dengan Samudra Hindia Keadaan Iklim Benua Australia memiliki iklim yang bervariasi. Berdasarkan letak lintang dan keadaan alamnya, iklim di Benua Australia dibedakan menjadiiklim tropis dan iklim laut sedang. Iklim tropis terdapat di Australia bagian Utara. Iklim subtropis terdapat di Australia bagian Selatan.Sementara iklim laut sedang dialami oleh wilayah di Selatan Victoriadan Tasmania. Sementara daerah-daerah gurun banyak dipengaruhi oleh iklim gurun. Keadaan Penduduk Sebagian besar penduduk Australia adalah orang kulit putih yangmerupakan imigran dari Eropa. Sementara yang lain adalah imigran dari Asia. Penduduk asli adalah orang Aborigin yang tinggal didaerah-daerah pedalaman yang kering dan tandus. Orang Aborigin memiliki senjata khas yaitu bumerang 2. CONTOH BEBERAPA NEGARA DI BENUA JEPANG (ASIA) Jepang beribukota di Tokyo. Merupakan negara termaju di Asia Timur. Puncak tertinggi di Jepang adalah Gunung Fuji . Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia. Pendapatanutama negara Jepang sebagian besar berasal dari sektor industri.Kemajuan sektor industri Jepang dapat kalian lihat dari berbagaiproduk Jepang MESIR (AFRIKA) bu kota negara mesir adalah kairo. Sebagian besar wilayah Mesir adalah beberapa gurun yang sangat kering. Daratan Mesir dibelah oleh aliran Sungai Nil. Kegiatan perekonomian Mesir yang utama adalah pertanian,pertambangan, industri, dan perdagangan. Jumlah penduduk Mesir pada tahun2006 mencapai sekitar 77.505.756 jiwa. AMERIKA SERIKAT (AMERIKA) Bentang lahan yang utama di Amerika Serikat meliputi daerah pegunung-an, dataran tinggi, dandataran rendah. Jumlah penduduk Amerika Serikat padatahun 2006 mencapai sekitar 302,5 juta jiwA. Amerika Serikat merupakan salah satunegara industri maju di dunia. Sektor industridan perdagangan merupakan sektor terbesar bagi pendapatan negara INGGRIS (EROPA) Inggris adalah sebuah negara yang berada di sebelah Barat Laut Eropa.Wilayah negara Inggris terdiri atas dua pulau utama yaitu Britania Raya dan Irlandia Utara. Jumlah penduduk Inggris pada tahun 2006 adalah 60,2 juta jiwa. Kawasan industri di Inggris sering disebut The Black Country. Hal inidi karenakan daerah tersebut udaranya selalu tampak hitam.

Sabtu, 21 Januari 2012

MATERI KELAS 3 "MEMAHAMI JENIS-JENIS PEKERJAAN"

A.Jenis-Jenis Pekerjaan Jenis pekerjaan bermacam-macam. Semua pekerjaan harus dilakukan dengan sunguh-sungguh. Pekerjaan yang dilakukan dengan baik akan mendapatkan hasil yang maksimal. Pekerjaan yang ditekuni manusia dilakukan untuk mendapatkan upah. Upah yang diperoleh dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. 1. Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, setiap orang harus bekerja. Zaman sekarang ini orang harus pandai-pandai mencari pekerjaan. Modal utama seseorang untuk bekerja adalah kemauan, pendidikan, dan keterampilan. Perhatikan orang-orang yang tinggal di sekitarmu! Pasti jenis pekerjaan mereka bermacam-macam. Ada yang menghasilkan barang dan ada pula yang menghasilkan jasa. Contoh pekerjaan yang menghasilkan barang, misalnya orang yang tinggal di dekat perkebunan kelapa. Ia dapat bekerja sebagai pembuat sapu dan keset dengan memanfaatkan sabut kelapa. Ada juga orang yang menggunakan tanah Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan dapat mengenal jenis-jenis pekerjaan dan dapat memahami pentingnya semangat kerja. untuk membuat genteng, batu bata, dan gerabah. Pekerjaan yang menghasilkan bahan makanan, misalnya pembuat tahu, membuat tempe, membuat roti, membuat bakpao, serta berbagai macam makanan lain. Selain membutuhkan barang, orang hidup juga membutuhkan jasa. Jasa diperoleh dari orang lain. Untuk mendapatkan jasa, harus ada imbalan tertentu. Seseorang yang telah memberikan jasa akan menerima imbalan. Imbalan atau upah biasanya berupa uang. Selanjutnya, perhatikan contoh berikut. Pak Sukri mempunyai kebun kelapa sawit yang luas. Tanaman kelapa sawitnya banyak sekali. Pak Sukri tidak dapat mengurus kebun kelapa sawitnya sendirian. Ia membutuhkan bantuan orang lain untuk mengurus kebun kelapa sawit tersebut. Orang lain yang membantu tersebut bekerja memelihara, memanen, dan menjual buah kelapa sawit. Seminggu sekali para tenaga kerja yang membantu di kebun kelapa sawit tersebut menerima upah berupa uang dari Pak Sukri. Uang yang mereka terima itu merupakan imbalan atas jasa yang telah diberikan kepada Pak Sukri. Dari contoh tersebut, dapat disimpulkan bahwa jasa adalah bantuan berupa tenaga, pikiran, keterampilan, atau pelayanan yang diberikan kepada orang lain. 2. Contoh Pekerjaan yang Menghasilkan Barang dan Jasa Jenis pekerjaan ada bermacam-macam. Ada pekerjaan yang menghasilkan barang dan ada juga pekerjaan yang menghasilkan jasa. Semua pekerjaan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan. Berikut adalah contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa. Ayah Andi bekerja sebagai koki di perusahaan roti. Ia pandai membuat aneka roti. Andi sering membawa roti ke sekolah untuk dibagikan kepada teman-temannya. Ibu Tina membuka usaha salon kecantikan. Ibu Tina sering diundang untuk merias pengantin. Ayah Gunawan bekerja sebagai sopir bus. Ia berangkat pagi dan pulang malam hari. Pekerjaan orang tua Irfan adalah membuat peralatan rumah tangga, seperti ember, panci, cerek. Ia menerima banyak pesanan dari luar kota. Setiap ada waktu luang, Irfan ikut membantu membuat panci dan cerek. Ibu Maman dikenal sebagai penjahit di kampungnya. Banyak warga sekitar yang menjahitkan kain kepada Ibu Maman. Ibu Maman terampil dan teliti dalam menjahit, sehingga banyak pelanggan yang puas dengan pekerjaan Bu Maman. Ayah Medi bekerja di kantor perusahaan percetakan. Perusahaan tersebut melayani jasa cetak undangan, kalender, buku nota, buku bacaan, dan majalah. Ibu Marni membuka warung makan di pinggir jalan. Warung tersebut menyediakan aneka makanan. Ada nasi sayur, nasi soto, serta berbagai makanan dan minuman lainnya. Contoh-contoh tersebut menunjukkan bahwa pekerjaan yang ditekuni manusia ada yang menghasilkan barang dan ada yang menghasilkan jasa.

Jumat, 20 Januari 2012

Materi IPS SD kelas 3 semester 2”Kegiatan Jual Beli di Lingkkungan Sekolah”

Kegiatan jual beli dilingkungan sekolah dapat berupa koperasi sekolah dan kantin sekolah. 1. Koperasi Sekolah a. Pengertian Koperasi Sekolah Koperasi sekolah adalah koperasi yang anggotanya para siswa SD, SMP, SMA, madrasah, pesantren, atau sekolah yang setingkat di mana koperasi sekolah didirikan. Koperasi sebagai perwujudan perekonomian yang berdasarkan asas kekeluargaan merupakan sektor yang penting dalam perekonomian Indonesia. Sebagai upaya untuk tetap memelihara kesinambungan perkoperasian di Indonesia, perlu adanya usaha menciptakan kader-kader koperasi yang baik. Kader koperasi tersebut dapat diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan latihan langsung yang dapat dilaksanakan di sekolah melalui pendirian koperasi sekolah. b. Dasar Pendirian Koperasi Sekolah Koperasi sekolah didirikan berdasarkan Surat Keputusan Bersama Menteri Koperasi dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang Departemen Pendidikan Nasional) Nomor 51/M/SKB/ III/1984 dan Nomor 158/P/1984. Surat keputusan ini menunjukkan bahwa koperasi sekolah merupakan badan yang cukup penting didirikan sebagai sarana siswa untuk belajar dan bekerja. Koperasi sekolah dibentuk dengan persetujuan rapat yang dihadiri oleh para siswa, guru, kepala sekolah, dan karyawan sekolah. Dalam rapat tersebut disusun juga peraturan-peraturan yang berlaku dalam koperasi sekolah. Koperasi sekolah diusahakan dan diurus oleh para siswa. Pengurus koperasi sekolah adalah para siswa dan dibimbing oleh para guru. Setiap koperasi memerlukan modal dasar. Modal koperasi diperoleh dari simpanan anggotanya dan mungkin juga pinjaman dari sekolah yang bersangkutan. Simpanan para anggota koperasi sekolah berupa simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela. Karena kegiatan koperasi sekolah merupakan kegiatan jual beli, pasti mendapatkan keuntungan. Keuntungan tersebut disisihkan dan dikenal dengan sebutan sisa hasil usaha (SHU). SHU tersebut akan dibagikan kepada setiap anggota koperasi setiap tahunnya. Besarnya SHU yang diterima masing-masing anggota berbeda-beda disesuaikan dengan besarnya jasa dari masing-masing anggota. Koperasi sekolah dapat memudahkan siswa memenuhi kebutuhan sekolah. Selain itu, siswa dididik untuk bertanggung jawab, dibiasakan berlaku setia kawan terhadap sesama siswa, dan berlatih berorganisasi. c. Jenis Usaha Koperasi Sekolah Sebagai usaha yang bergerak di lingkungan sekolah, koperasi sekolah membuat berbagai jenis usaha yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah. Kegiatan di sekolah yang utama adalah proses belajar mengajar. Oleh karena itu, koperasi sekolah menyediakan berbagai kebutuhan untuk memperlancar proses belajar mengajar. Usaha yang dilakukan koperasi sekolah sebagai berikut. 1) Usaha Jasa Bermacam-macam jasa dapat diselenggarakan oleh siswa melalui koperasi sekolah. Contoh usaha jasa tersebut sebagai berikut. a) Usaha Jasa Fotokopi Usaha fotokopi merupakan jenis usaha jasa yang cocok dilakukan oleh koperasi sekolah. Sering guru memberikan bahan atau materi pelajaran yang tidak dimiliki siswa. Dengan adanya usaha fotokopi, materi tersebut dapat dimiliki oleh setiap siswa. b) Usaha Seragam Sekolah Penjualan seragam sekolah biasanya juga dikelola koperasi. Misalnya, pakaian olahraga, rok, celana, dasi, dan topi. Di koperasi juga tersedia kaos kaki, sabuk, hasduk, dan peralatan pramuka. 2) Usaha Pertokoan Jenis usaha pertokoan erat hubungannya dengan kebutuhan belajar siswa. Di toko ini disediakan berbagai kebutuhan, seperti alat tulismenulis, buku gambar, alat kebersihan, obat-obatan, dan seragam sekolah. Disediakan pula alat-alat praktik menggambar, seperti kuas, cat air, dan palet. Persediaan alat-alat tersebut tergantung pada kebutuhan siswa. Penyediaan perlengkapan sekolah sangat memudahkan siswa dan guru. Hal itu dikarenakan oleh siswa maupun guru tidak perlu jauhjauh membeli perlengkapan sekolah. Pada umumnya harga barang di koperasi sekolah lebih murah daripada di toko. Koperasi sekolah diurus oleh pengurus koperasi sekolah yang dipilih dari kalangan siswa. Namun, apabila siswa belum dapat mengurus maka pengurus diangkat dari kalangan guru yang disetujui oleh kepala sekolah. Kekuasaan tertinggi dalam koperasi sekolah adalah rapat anggota. Rapat anggota diadakan satu kali dalam setahun. 2. Kantin Sekolah Kantin sekolah adalah warung tempat menjual makanan dan minuman yang berada di lingkungan sekolah. Kantin sekolah dikelola oleh pihak sekolah, koperasi sekolah atau pun pihak lain yang bekerja sama atau sudah mendapatkan izin dari pihak sekolah. Pada waktu istirahat, biasanya siswa banyak membeli aneka makanan dan minuman di kantin sekolah. Kantin sekolah tidak menyediakan barang dagangan yang berupa perlengkapan sekolah. Jumlah kantin pada setiap sekolah berbeda-beda. Ada sekolah yang mempunyai satu kantin dan ada pula sekolah yang mempunyai lebih dari satu kantin. Kantin sekolah di SD biasanya dikelola oleh penjaga sekolah atau istri dari penjaga sekolah tersebut. Sumber : Sutrisno dkk, 2009, Ilmu Pengetahuan Sosial 3 : untuk SD / MI Kelas 3, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, h. 85 – 87. http://blog.unnes.ac.id/suhartini/2011/10/24/materi-ips-sd-kelas-3-semester-2kegiatan-jual-beli-di-lingkkungan-sekolah/